Oleh: dian2008 | Juni 23, 2008

Materi Kuliah Pengenalan Teknologi Informasi

Materi ini khusus ditujukan kepada rekan Mahasiswa yang sedang mengambil Matrikuliasi di STMIK IKMI Cirebon, inilah materi PTI :

About these ads

Responses

  1. Terimakasih Bapak atas Bimbingannya selama ini,,,, makasih juga udah Upload materinya,,,, saya tunggu yang terbarunya pa,,,heheheheh

  2. Akhirnya dapet juga Materinya,,,terimakasih pa…. :-)
    by : Elang M Haaarun

  3. Tugas meresume hari senin sudah di posting di blog saya pak,,,, “aioenkprass.blogspot.com”.. maaf pak kalo boleh saya minta alamat e-mail bapak untuk Sharing,,, :-) terimakasih pa sebelumnya

  4. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    salam sejahtera saya sampaikan semoga Bapa selalu dalam lindungan Allah S.W.T
    saya mohon maaf bila dalam matrikulasi banyak kesalahan-kesalahan baik disengaja atau yang tidak disengaja.
    demi kelancaran study saya ,saya harap Bapak sudi untuk mentransfer materi-materi yang sekiranya ada dalam perkuliahan.
    Atas semua perhatian dan partisipasinya saya ucapkan TERIMAKASIH

  5. pak, anggi beingung, judul materi tentang software issues yang bapak berikan itu apa? trimakasih Pak…

  6. Assalamualaikum
    Dengan adanya kegiatan MATERIKULASI, wacana saya tentang teknologi bertambah luas, sebelumnya saya berterimakasih kepada p dian yang telah banyak memberikan arahan, smoga semua informasi yang di berikan bermanfaat untuk kita semua, amin…

  7. tugas resume sesi 03 dan sesi 04

    PERANGKAT LUNAK ( software )

    Software adalah rangkaian instruksi elektronik yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas tertentu sesuai dengan perintah yang di berikan oleh seorang pengguna komputer, Rangkaian instruksi itu disebut dengan” program” software juga dikenal dengan sebutan “perangkat atau piranti lunak computer.

    A. Fungsi

    1. Membuat semua peralatan yang ada dalam seperangkat komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.
    2. Sebagai sistem operasi untuk perangkat elektronik yang menggunakan basis sistem komputer.
    3. Sebagai media penghubung antara komputer dan pengguna agar terjadi kerjasama yang menghasilkan output sesuai keinginan pengguna komputer.

    B. Evolusi dan perkembangan

    1. ERA POINTER ( 1950-1960 )
    Bentuk perangkat lunak pada awalnya berupa sambungan kabel ke antar bagian dalam computer. Antara lain :
    a. Prosses batch
    b. Distribusi terbatas
    c. Pembuatan khusus

    2. ERA STABIL ( 1960-1980 )
    Komputer sudah banyak digunakan dan hanya terjangkau oleh kalangan industri dan perusahan yang membawa pengaruh terhadap perkembangan perangkat lunak. Multitasking dan multiuser sudah banyak dikenal juga system basis data. Pada era itu antara lain :
    a. Multitasking dan multiuser
    b. Realtime ( bekerja dengan cepat )
    c. Program database

    3. ERA MICRO ( 1980-1990 )
    Perangkat lunak pada era ini sudah berkembang untuk memenuhi kebutuhan individu. Dan harganyapun sudah terjangkau oleh individu. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat luak system yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Perangkat lunak pada era ini mengalami perkembangan proses berikut :
    a. Sistem mulai tersebar kebeberapa kalangan masyarakat.
    b. Software mengalami kecerdasan yang mempermudah penggunanya.
    c. Harga setiap software mulai terjangkau o;eh individu.

    4. ERA MODERN ( 2000-tanpa batas )
    Era modern merupakan era bangkitnya software dengan interface yang lebih familiar dengan penggunanya dan sudah tersebar ke semua peralatan yang sering digunakan pada masyarakat. Tingkat kecerdasan yang ditunjukan oleh perangkat lunakpun semakin meningkat. Selain masalah teknik, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara, gambar, dan video. Kecerdasan perangkat lunak pada era ini membuat proses perkembanngannya semakin luas menjadi :
    a. Media perantara untuk jaringan PC
    b. Media perantara atau penghubung antara seperangkat elektronik yang berbeda.
    c. Graphical user interface ( GUI ) yang semakin mempermudah user dalam penggunaan.
    d. Media pembantu dalam menyelesaikan tugas pekerjaan penggunanya.

    C. PENGELOMPOKAN BERDASARKAN FUNGSI DAN KINERJA

    Pengelompokan software berdasarkan fungsi dan kinerja terdiri atas software system operasi, software aplikasi dan software programming.

    1. Software system operasi
    Pengertian system operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada system computer dan menyediaka sekumpulan layanan ( system calls ) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamakan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya system komputer.

    a. fungsi
    • Sistem operasi berfungsi mengtur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
    • Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam Negara atau membuat kondisi computer agar dapat menjalankan program secara benar. Sistem oprerasi juga sering di sebut resource allocator.
    • Sebagai program pengendali yang bertujuan menghindari kekeliruan ( error ) dan penggunaan computer yang tidak perlu.
    • Mengatur physical devices dan menampilkan abtraksi mesin virtual aplikasi ( interface aplikasi )
    Dapat disimpulkan bahwa penggunaan system operasi mempunyai tujuan :
    • Kenyaman : membuat penggunaan computer menjadi lebih nyaman.
    • Efisien : penggunaan sumber daya system computer secara efisien
    • Berevolusi : system operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian, dan pengajuan system yang baru.

    b. Cara kerja
    Sistem computer multiguna terdiri atas CPU ( central processing unit ) dan sejumlah device controller yang dihubungkan melalui bus yang menyediakan akses ke memori. Setiap device controller bertugas mengatur perangkat yang tertentu ( missal : disk drive, audio device, dan video display ). CPU dan device controller dapat di jalankan bersamaan, tetapi diperlukan mekanisme sinkronisasi untuk mengatur akses ke memori.
    Berdasrkan tampilannya atau interface, system operasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
    1. command-line-interface
    yaitu : system operasi yang masih menggunakan tampilan layer hitam putih dan hanya berbentuk tulisan, tanpa ada gambar atau warna. Penggunaannya mengunakan keyboard. System jenis ini hanya di gunakan pada system operasi jenis : UNIX dan DOS.
    2. Graphical user interface ( GUI )
    Yaitu : system operasi yang mempunyai tampilan menarik dengan adanya tulisan, gambar,dan tool sehingga mempermudah pengguna menggunakan system operasi ini. Penggunaannya menggunakan mouse. GUI ini dapat ditemukan pada system operasi WINDOWS, LINUX, MACINTOSH.

    c. perkembangan system operasi
    1. UNIX
    Sistem operasi multiuser, multiprosesor dan multitasking yang pertama kali dan tertua yang dugunakan pada PC. Perangkat lunak pendukung yang biasa di pakai dalam system operasi berbasis UNIX, misalnya system operasi BSD dari Berkeley, Xwindow system dari MIT, dan proyek GNU dari free software foundation.
    2. LINUX
    Linux sangat mirip dengan system unix karena kompatibilitas dengan unix merupakan tujuan utama desain proyek LINUX.
    Linux bisa didapat dalam berbagai distro yang merupakan bundle kernel LINUX, beserta system dasar LINUX, program instalasi, tools basic, dan program lainnya yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro.
    • Redhat
    • Debian
    • Slackware
    • suSE
    • Mandrake
    • Winlinux
    3. DOS ( disk operating system )
    DOS merupakan system operasi yang menggunakan interface command-line interface yang digunakan para pengguna computer pada decade tahun 1980-an untuk fasilitas booting computer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan LOTUS.
    4. Windows 3.x
    Merupakan system operasi yang berfungsi sama dengan system operasi MS-DOS, tetapi sudah dikembangkan dengan menggunakan interface GUI.
    5. Windows NT
    Perkembangan computer jaringan membuat Microsoft untuk membuat system operasi yang di disain khusus untuk digunakan pada system jaringan computer yang di sebut Windows NT. Microsoft mengeluarkan dua versi windows NT, yaitu Windows NT server dan Windows NT workstation.
    6. Windows 95, 98, dan ME
    System operasi pertama yang dikeluarkan oleh Microsoft yang berbasis GUI secara murni. dengan tampilan yang lebih user-friendly dengan tampilan grafis dan warna yang menarik.
    7. Windows 2000 dan XP
    Merupakan pengembangan jenis system operasi windows 98 dan windows NT yang digabungkan menjadi satu paket dengan memiliki tingkat kestabilan system dan keamanan yang lebih baik.
    8. Windows VISTA
    Merupakan pengembangan system operasi windows XP yang memiliki GUI serta didukung dengan tambahan aplikasi yang lebih menarik. Oleh karna itu , penggunaan system operasi jenis ini harus didukung dengan peralatan hardware yang performa high class.
    Berikut pembagian jenis windows Vista sesuai dengan fitur yang dimiliki :
    • Windows vista Home Basic
    • Windows vista home premium
    • Windows vista Business
    • Windows vista Enterprise
    • Windows vista Ultimate
    • Windows vista Starter

    2. Software aplikasi ( program aplikasi )
    Perangkat lunak yang khusus di tambahkan dalam system operasi yang ada untuk melakuakn pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan pengguna, komputernya di sebut software aplikasi. Untuk menambahkan program aplikasi pada system operasi, harus dilakukan penginstalan dan disertakan serial number yang harus diisi pada saat penginstalan.
    Berikut beberapa jenis program aplikasi yang terus berkembang :
    a. Program aplikasi pengolahan kata, table, dan database
    b. Program aplikasi multimedia dan internet
    c. Program aplikasi desain grafis
    d. Program aplikasi utilitas
    e. Program aplikasi anti virus

    3. Software programming ( bahasa pemrograman )
    Efektif, kenyamanan dan kemudhan dalam menggunaka aplikasi sesuai dengan kebutuhan, telah membuat para ahli pemrograman ( programmer ) membuat aplikasi khusus yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna computer untuk membuat aplikasi khusus ini dibutuhkan aplikasi yang di sebut “ bahasa pemrograman “. Hasilnya diterjemahkan menjadi kode mesin yang dapat dipahami oleh computer.
    Berikut ini yang termasuk dalam bahasa pemrograman :
    a. Bahasa mesin
    Merupakan bahasa pemrograman generasi pertama dan type paling dasar bahasa pemrograman yang terdiri atas kumpulan angka yang dapat digunakan oleh hardware computer. Untuk jenis hardware yang berbeda, bahasa pemrograman akan digunakan kode mesin yang berbeda juga. Contoh : IBM menggunakan bahasa mesin yang berbeda dengan Apple.

    b. Bahasa Assembly
    Merupakan bahasa pemrograman generasi kedua yang sedikit lebih mudah digunakan dari pada bahasa mesin. Untuk membuat program aplikasi dengan bahasa assembly, programmer membuat kode yang akan diterjemahkan oleh computer yang di sebut dengan assembler.
    c. Bahasa tingkat tinggi
    Pemrogram pada bahasa tingkat tinggi ini lebih powerfull daripada bahasa assembly dan lebih mudah menulis kode programnya. Bahasa jenis ini dibedakan menjadi tiga generasi, yaitu :
    1. Bahasa generasi ketiga / third-generation languages ( 3 GLs )
    Merupakan bahasa yang pertama menggunakan frase berbahasa inggris dan mempunyai kemampuan 3GLs portable, yang artinya kode objek dapat dibuat dan diterjemahkan untuk system yang berbeda. Bahasa pemrograman yang termasuk 3GLs adalah FORTRAN, COBOL, BASIC, pascal, bahasa C, bahasa C++, java, dan ActiveX.
    2. Bahasa generasi keempat ( 4GLs )
    Bahasa pemrograman jenis ini jauh lebih mudah daripada bahasa pemrograman 3GLs karena sudah menggunakan lingkungan berbasis teks atau visual sehingga pengguna computer bisa menguasai aplikasi ini dengan mudah dan cepat. Bahasa pemrograman yang termasuk dalam bahasa 4GLs adalah Visual basic (VB ) , Visual Age, Authoring environments dan lain-lain.
    3. Bahasa pemrograman kelima ( 5GLs )
    Merupakan bahasa lanjutan atau perkembangan bahasa pemrograman 4GLs yang sudah menggunakan interface visual yang lebih user-friendly. Namun keberadaan bahasa pemrograman jenis 5GLs ini sering menjadi perdebatan pada kalangan programmer yang banyak tidak setuju bahwa generasi ini ada. bahasa 5GLs ini menggunakan artificial intelligence ( AI ) untuk membuat software sehingga 5GLs sulit direalisasikan.

  8. Askum Pa dian
    Ak bener2 nyaman klo pa dian menyanyampaikan materi, tp karena kondisi yang lelah kuliah sehabis kerja,jadi kadang ngantuk gitu pa..tapi bapa dian asyik kok,selalu mengerti kondisi kita..trim’s banyak y pa..

  9. trimakasi atas infonya p dian… saya sudah tulis tugasnya di blogger. by the way nama saya arfa bukan ari, maaf di ralat. trim’s banyak p

  10. Ass……
    betul yang dikatakan Robbi R pa….. apa lagi saya karena tuntutan kerja yang suka roling ke luar kota : Indramayu, Subang, Bahkan sesekali ke Bandung buat nyampein laporan rutin tiap minggu yg suka bentrok sama jadwal kuliah…..
    terimakasih atas bimbingan yang bapak berikan…….

  11. F:\

  12. MEMPERBAIKI NSTALASI

    Kadang satu-satunya cara memperbaiki XP adalah dengan menginstal ulang.
    Kita tidak perlu membuang seluruh partisi dan mengisinya dengan yang baru. Dengan Windows versi baru, kita dapat melakukan instalasi langsung diatas setup yang sudah ada. Keuntungan cara ini adalah : aplikasi , data, dan seting masih dibutuhkan tidak akan hilang.
    Kita akan kehilangan System Restore Points, tetapi SystemRestore akan membuaat point-point yang baru mengikuti Repair Install.
    Kita perlu menginstal ulang SP1a dan critical Updates penting lainnya dari situs Windows updates.
    Waspadalah, mode Repair Install membuat system kita rawan terhadap worm blaster dan Welchia. Jangan langsung online sebelum kita mengaktifkan terlebih dahulu firewall XP. Kemudian kunjungi situs Windows Update untuk mem-patch system yang baru.
    Ingat selalu, lakukan backup data-data yang penting sebelum melakukan perubahan-perubahan pada XP. Disini ada dua pendekatan.

    1. Pertama jika anda massih melakukan boot ke Windows Dekstop, silakan masukkan CD XP ke drive CD_ROM dan pilih Install > UpGrade (recommended).

    Ini akan menginstall XP diatas setup yang sudah ada sekaligus mengupgrade ke versi yang baru. Tetapi versi yang lama adalah versi OEM, kita tidak dapat menggunakan opsi ini.

    Jika tidak tampil opsi Upgrade(recoomended), JANGAN MEMILIH New Install, karena akan mengoverwrite set up saat ini atau akan memberikan opsi setup dual boot

    2. Kedua jika kita tidak dapat mem-boot ke desktop atau kita mempunyai XP versi OEM, maka ikuti langkah beikut untuk menyelesaikan Repair Install :
    • Boot dengan CD Windows XP, pada layer Setup Screen tekan Enter

    • Kita dibawa menuju layer Windows XP LicencingAgreement. Setelah membaca pernyataan persetujuan, tekan F8 untuk melanjutkan prose

    • Layar berikut memberi kita opsi, apakah ingin melakukan instalasi baru (dengan menghapus setup lama) atau hanya “Repair the selected Windows XP installation.” Jika opsi ini yang dipilih tekan “R”
    • Windows XP akan mengkopi file-file yang diperlukan ke dalam harddrive sebagai awal instalasi, kemudian akan melakukan reboot.

    • Kita akan menerima pesan “Press any key to boot the CD”.
    • Perhatikan pada layer akan tampil Windows XP Setup Screen.
    Saat setup selesai, berate semua aplikasi dan seting sudah lengkap terinstal.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: