Oleh: dian2008 | April 19, 2008

LOKAKARYA OPEN DISTANCE LEARNING (ODL)

Lokakarya Standarisasi Open Distance Learning (ODL)

Rabu – Kamis , 16-17 April 2008.

Selama 2 hari saya mengikuti Lokakarya Standarisasi Open Distance Learning (ODL) yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC bertempat di Gedung SEAMOLEC, Komplek Universitas Terbuka, Pondok Cabe , Jakarta.

Lokakarya tersebut dihadiri oleh 5 Perguruan Tinggi yakni STMIK IKMI Cirebon, STMIK AMIK Bandung, Universitas Hasanudin Makasar, Universitas Dian Nusantoro Semarang, Politeknik Negeri Malang, dana beberapa ICT Center yang ditunjuk.

Selain itu hadir pula para pakar pengembang Sistem ODL diantaranya terdiri dari Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Terbuka, Institut Teknologi Bandung dan dari Stakeholder yaitu Ilmukomputer.com

Tujuan

Kegiatan Pengembangan Standar SEAMOLEC Untuk Program Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh akan dilakukan diharapkan menghasilkan standar untuk komponen-komponen pada sistem manajemen program PTJJ, yaitu Input, Proses dan Output. Secara rinci standar yang dikemngkan diharapkan meliputi:

1. Standar untuk Institusi Pendidikan formal seperti Universitas, Institut, Politeknik dan konsorsium

2. Standar untuk institusi pelatihan seperti P4TK, SEAMEO Centres di Asteng

3. Standar untuk institusi lain seperti sekolah, ICT centre, KKG, MGMP

4. Standar untuk Peserta

Strategi Implementasi

Kegiatan pengembangan Standar SEAMOLEC ini akan memperhatikan pedoman yang telah dikembangkan oleh SEAMOLEC yaitu Guidelines for Quality Assurance for Opem and Distance Learning In Southeast Asian Countries, dan indikator untuk pelaksanaan program PJJ yang dikembangkan dari pemenuhan persyaratan per SK Mendiknas 107/2001 – SK Dirjen Dikti 108/2001 (untuk pelaksananan program PJJ dan pembukaan program studi baru), juga acuan-acuan lainnya yang akan diberikan pada saat lokakarya. Akan dicari kesepakatan mengenai rincian komponen dan indikator keberhasilan untuk setiap komponen.

Peserta diharapkan menjadi anggota kelompok yang membahas komponen-komponen yang telah diidentifikasi, untuk lebih merincikannya lagi. Pada hari kedua diharapakan rincian draft rincian komponendapat dipresentasikan oleh setiap kelompok.

Output

Kegiatan ini diharapkan menghasilkan draft sejumlah standar dan indikator yang berhubungan dengan PJJ untuk masing-masing jenis provider.

Akhirnya , dengan kerja keras bersama dari kegiatan tersebut menghasilkan suatu standar minimal penjaminan mutu untuk Sistem ODL, walaupun harus terus dievaluai dan disempurnakan. Berikut hasik ketercapaian standar minimal pelaksanaan Open Distance Learning.

Dowload seamolec-standard


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: